Tomat Yang Dimasak Mampu Atasi Kolesterol Jahat

Manfaat Tomat – Selama ini kita mengira sayur atau buah segar dan mentah dianggap terbaik untuk kesehatan karena nutrisi didalamnya masih utuh. Tapi ternyata hal ini berbeda dengan tomat, berdasarkan penelitian terbaru terungkap bahwa tomat yang dimasak justru lebih baik jika dibandingkan tomat yang masih segar terutama kalau digunakan untuk melawan kolesterol jahat.

tomat

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa tomat yang dimasak memiliki kandungan lycopene yang lebih baik dan lebih mudah untuk diserap oleh tubuh. Seperti kita ketahui Lycopene sendiri merupakan antioksidan yang sangat ampuh untuk melawan kolesterol jahat. Bahkan kemampuannya ini bekerja lebih baik dibandingkan statin untuk menurunkan risiko stroke.

Statin biasanya diresepkan oleh dokter untuk menurunkan dan mengontrol tingkat kolesterol jahat (LDL). Statin bekerja dengan mencegah produksi enzim HMG-CoA yang dapat mengurangi produksi kolesterol jahat. Berdasarkan penelitian lainnya Lycopene ini juga dapat menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, peradangan, penyakit mata, dan dapat menyuburkan pria.

Selain terdapat dalam tomat, Lycopene juga terdapat didalam sayuran dan buah-buahan dengan kandungan pigmen kuning, oranye, dan merah seperti pepaya, semangka, jambu dan grapfruit. Lycopene yang terkandung didalam sayuran dan buah-buahan tersebut memang baik tapi tidak disarankan jika mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Karena menurut para peneliti, suplemen tersebut merupakan bentuk murni dari Lycopene yang tentunya berbeda dengan yang didapat dari makanan. Dan jika Anda mengonsumsinya maka Anda akan mendapatkan bentuk yang salah dari Lycopene tersebut.

Untuk mengonsumsi Lycopene dari semangka dan tomat disarankan agar dimasak terlebih dahulu. Ketika tomat dimasak tak hanya mengandung Lycopene yang baik dan sudah diserap oleh tubuh tapi juga vitamin A, B6, C dan thiamine yang baik.  Tapi yang perlu Anda perhatikan adalah jangan mengonsumsi tomat olahan yang dibeli dalam bentuk kalengan. Alasannya, nutrisi yang terdapat didalam tomat kalengantersebut sudah bercampur dengan bahan pengawet dan zat kimia lain yang tidak sehat bagi tubuh.

Manfaat tomat yang dimasak ternyata lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak masak. Jadi jika anda ingin terhindar dari kolesterol jahat sebaiknya memanfaatkan tomat yang dimasak.

 

loading...
adnow-verification-code:dc2c0dca0a48e6efb2d670b3dc63ed68 IBX583A7DF101CF1