Tips Mencegah dan Mengobati Migrain

Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala yang cukup menggangu, Sakit kepala ini dapat mengganggu konsentrasi, apalagi di saat Anda menghadapi masalah atau disaat jam genting. Jika Anda mengalami sakit kepala migrain berikut ini tipshidupsehat sajikan beberapa tips untuk mencegah dan mengobati migrain.

Migrain

Berdasarkan sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan hasil bahwa 4 persen orang dewasa di Amerika Serikat mengalami migrain selama 4 sampai 15 hari. Bahkan lama waktunya bisa lebih panjang lagi. Bayangkan saja jika Anda mengalami migrain sampai 15 hari, tentu saja ini akan sangat mengganggu pekerjaan Anda.

Cara Mencegah Migrain :

Agar Anda tidak mengalami sakit kepala Migrain anda bisa mencegahnya. Dan berikut ini cara mencegah migrain seperti dilansir dari MeetDoctor.com.

  • Matikan lampu ruangan karena cahaya dapat memicu terjadinya migrain. Selain itu wewangian dan suara bising juga bisa memicu terjadinya migrain. Kondisi yang senyap dan gelap dapat menjadikan Anda lebih rileks.
  • Agar tidak terkena migrain maka Anda harus tidur cukup dan nyenyak setiap hari .Tidur dan bangun dalam jam yang sama bisa juga mencegah terjadinya migrain. Selain itu tidur siang selama 20-30 menit juga bisa membantu, tapi jika tidur siang lebih dari jangka waktu tersebut bisa menggangu jam tidur malam Anda.
  • Pijat secara lembut dibagian yang nyeri seperti mata, leher, dan sebelah kepala agar otot yang tegang bisa kembali rileks.
  • Ketika gejala migrain terasa,┬ácobalah untuk mengingat makanan dan minuman apa yang Anda konsumsi sebelumnya. Jika anda mengonsumsi keju, cokelat, dan kafein serta alkohol bisa menimbulkan migrain.
  • Antara stres dan migrain itu saling berhubungan, maka anda harus pandai mengatur tekanan dalam hidup. Anda bisa melakukan peregangan sebagai cara untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran.

Cara Mengobati Migrain secara alami :

Untuk mengobati migrain anda tidak harus mengonsumsi obat dari dokter tapi bisa juga dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita.

1. Mengobati migrain dengan Jahe

Caranya seduh sari jahe dengan tambahan madu, nikmatilah minuman ini selagi hangat dan akan lebih baik lagi jika Anda istirahat selama 30 menit setelah meminum jahe tersebut. Selain itu Anda bisa juga mencampurkan parutan jahe pada jus buah atau minuman Anda. Parutan Jahe ini dapat membantu meredakan lelah dan ketegangan otot.

2. Mengobati Migrain dengan Es Batu

Jika migrain yang Anda alami tidak tertahankan lagi cobalah untuk mengatasinya dengan es batu. Caranya letakkan es batu di kepala Anda. Dengan melakukan ini maka akan dapat membantu mengurangi rasa sakit kepala karena es memiliki sifat anti-inflamasi.

3. Mengobati Migrain dengan Vitamin B2

Dengan mengonsumsi setidaknya 400 mg vitamin B2 maka akan dapat membantu mengurangi gejala migrain secara signifikan. Untuk mendapatkan vitamin B2 ini anda bisa mengonsumsi ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, susu dan produk susu seperti yoghurt dan keju, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau.

4. Mengobati Migrain dengan Latihan Ringan

Ketika migrain menyerang anda, maka Anda bisa melakukan teknik relaksasi seperti memijat kepala, taichi, yoga atau bisa juga meditasi. Dengan latihan ringan relaksasi ini akan dapat membantu meringankan leher dan bahu kejang, meningkatkan kesadaran tubuh, membantu mendeteksi dan mengobati sakit kepala serta meningkatkan fokus Anda.

Nah, cara mencegah dan mengobati migrain diatas mudah-mudahan bisa mengatasi penyakit migrain yang anda alami.

adnow-verification-code:dc2c0dca0a48e6efb2d670b3dc63ed68 IBX583A7DF101CF1