Penyebab Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan dalam dunia kedokteran disebut dengan faringitis. Jika Anda terkena radang tenggorokan maka biasanya Anda akan merasakan sulit untuk menelan, sulit berbicara dan sulit ketika makan. Kalau benar-benar kita rasakan seperti ada yang menyangkut di tenggorokan kita.

Radang tenggorokan

Berdasarkan informasi yang dikutip dari vemale.com yang dilansir dari MeetDoctor.com, bahwa dr.Adiyanto menjelaskan radang tenggorokan adalah suatu penyakit peradangan tenggorokan (faring) yang sifatnya akut atau mendadak dan cepat memberat. Radang dapat menyerap lapisan mukosa atau selaput lendir dan submukosa faring. Maka hal ini tidak mengherankan ketika anda terkena radang tenggorokan akan terasa ada lendir yang tidak mau keluar dari tenggorokan.

Penyebab dari radang tenggorokan adalah virus dan bakteri. Biasanya ini terjadi karena terserang bakteri Streptokokus grup A. Selain itu ada bakteri lain yang juga bisa menyebabkan penyakit ini yaitu N.gonorrhoeae, C.diphtheria dan H.inflenza. Kemudian untuk virus biasanya disebabkan oleh Rhinovirus, Adenovirus, Parainfluenza virus dan Coxsackie virus.

Faktor penyebab lainnya terkena radang tenggorokan adalah karena iritasi udara kering, merokok, alergi, trauma tenggorok, penyakit refluks asam lambung, jamur, menelan racun dan tumor.

Ketika terkena radang tenggorokan maka bisa menimbulkan iritasi pada selaput faring yang dapat menyebabkan reaksi inflamasi yang menimbulkan pembengkakan di faring hinga pita suara, rasa kering di tenggorokan dan nyeri ketika menelan.

Nah, penyebab-penyebab dari radang tenggorokan diatas perlu kita cermati agar kita bisa mengantisipasi jika terkena penyakit ini.

adnow-verification-code:dc2c0dca0a48e6efb2d670b3dc63ed68 IBX583A7DF101CF1