Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Manfaat ubi jalar – Ubi Jalar atau ketela rambat merupakan sumber karbohidrat yang memiliki nama latin ipomoea batatas L. Ubi jalar mengandung berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan gizi yang terdapat didalam ubi jalar adalah Vitamin A, C dan E, beta karoten, magnesium, kalium dan juga oksidan.

ubi jalar

Kandungan-kandungan gizi yang terdapat didalam ubi jalar.

  • Nilai Gizi per 100 gram : energi 86 Kcal, karbohidrat 20.12 g, Protein 1,57 g, Total lemak 0.05 g, Serat diet  3,0g, Air 77.28 g, Gula total 4.18 g.
  • Vitamin : Folat 11 mg, Niacin 0.557 mg, Riboflavin 0.061 mg. Thiamin 0.078 mg, Vitamin A 14.187 IU, Pyridoxine 0.209 mg, vitamin C 2.4 mg, Vitamin E 0.26 mg, vitamin K 1.8 mg.
  • Mineral : Kalsium 30 mg, Besi 0.61 mg, Magnesium 25 mg, Fosfor 47 mg, Zinc 0.30 mg, Sodium 55 mg, kalium 337 mg.
  • Lipid : Asam lemak jenuh 0.018 g, Asam lemak tak jenuh tunggal 0.001 mg, Asam lemak tak jenuh ganda 0.014 g, kolesterol 0.
  • Kalori dalam ubi jalar per 100 gr : ubi jalar panggang (dikulit) 90 kkal, ubi jalar rebus tanpa kulit 76 kkal, ubi jalar mentah 86 kkal, ubi jalar tumbuk 101 kkal.

Fakta yang menarik dari ubi jalar ini, berdasarkan sebuah artikel yang diterbitkan Potato North Carolina Sweet Commission, dari 58 jenis sayuran yang diteliti ditemukan bahwa ubi jalar merupakan makanan terbaik dalam daftar. Hal ini dikarenakan ubi jalar ini memiliki rasa manis bebas lemak, mengandung 769% dari nilai harian vitamin A dan juga 65% vitamin C dalam satu cangkir.

Ubi jalar merah yang berasal dari Papua ternyata cukup baik digunakan untuk menurunkan infeksi HIV/AIDS. Sehingga ubi ini diusulkan untuk menjadi diet utama penderita HIV/AIDS bersama dengan bahan lain. Kalau dibandingkan dengan bahan pokok lainnya, ubi jalar memliki kandunga senyawa vitamin A tertinggi yaitu 14187 IU per 100 gram per porsi, atau 89% kebutuhan harian. Lalu apa manfaat lainnya Ubi jalar bagi kesehatan?

Berikut ini manfaat ubi jalar bagi kesehatan :

Mampu Mengurangi Risiko Kanker

Seperti kita ketahui umbi jalar memiliki beberapa warna seperti ungu, merah, dan orange. Nah, warna-warna tersebut merupakan sumber karotenoid yang merupakan beta-karoten dan Vitamin A. Zat ini dapat menjadi perlindungan pada paru dan mencegah kanker paru serta kanker mulut.

Mampu mengontrol Gula Darah

Ubi jalar memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga membuat kadar gula darah seseorang tidak naik dalam waktu yang cepat. Maka tak heran jika ubi jalar sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Anti Aging

Kandungan karotenoid yang tinggi pada ubi jalar menjadikannya sangat baik digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu ubi jalar juga mampu melawan radikal bebas dan menjadikan kulit lebih sehat sehingga tidak cepat mengalami penuaan dini.

Mampu menjadikan kulit lebih elastis

Vitamin C di dalam ubi jalar cukup tinggi sehingga mampu menghasilkan kolagen yang dapat menjaga elastisitas kulit. hal ini tentu saja sangat berpengaruh dengan kecantikan Anda sehinga anda lebih awet muda.

Mampu mencegah serangan jantung

Kandungan vitamin B6 yang terdapat didalam ubi jalar dapat mengurangi homosistein kimia yang dapat mengarah pada pencegahan serangan jantung. Kalium yang terdapat di ubi jalar juga mampu menstabilkan tekanan darah.

Dapat mengurangi stress

Kandungan kalium didalam ubi jalar dapat berfungsi untuk menurunkan tingkat stres dan mengurangi kram otot. Selain itu ubi jalar juga kaya akan pantotenat yaitu vitamin B yang memiliki kemampuan untuk memproduksi hormon-hormon stres. Diyakini bahwa ketika seseorang mengalami stres maka akan menggunakan asam pantotenat. Makanya kita harus tetap menjaga kadar asam pantotenat didalam tubuh agar tetap cukup.

Mampu Mencegah Stroke

Ubi jalar dapat bermanfaat untuk mencegah stroke karena dapat menghambat pembekuan darah.

Membantu Menghasilkan Energy

Ubi jalar kaya dengan kandungan zat besi sehingga sangat berguna untuk meningkatkan distribusi oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan energi Anda. Jadi ketika anda merasa lelah dan lemah cobalah untuk mengonsumsi ubi jalar.

Menguatkan tulang

Ubi jalar sangat baik untuk mencegah terjadinya osteoporosis, karena kandungan mangan didalamnya memiliki peran penting dalam metabolisme tulang.

Mengatur Kadar kolesterol

Kandungan serat didalam ubi jalar dapat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Mampu menjaga kesehatan mata

Vitamin A yang terkandung didalam ubi jalar yang dalam bentuk beta-karoten dapat bermanfaat bagi kesehatan mata.

Ubi jalar sangat mudah ditemui disekitar Anda, tak ada salahnya jika kita menyediakan ubi jalar sebagai menu hidangan kita setiap hari.

loading...
adnow-verification-code:dc2c0dca0a48e6efb2d670b3dc63ed68 IBX583A7DF101CF1