Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

Manfaat susu kedelai – Susu kedelai menjadi sangat populer di Indonesia karena didalamnya terkandung gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Susu Kedelai

Minuman yang satu ini mudah kita temui di berbagai tempat baik itu warung ataupun supermarket. Maka tak heran jika masyarakat sudah sangat familiar dengan susu kedelai. Jika kita menengok sejarah minuman ini sudah ada sejak jaman dulu yaitu 1900 tahun yang lalu yang berasal dari Tiongkok. Terciptanya susu kedelai ini atas inisiatif dari Raja Huainan dari Dinasti Han yang pada saat itu khawatir dengan kondisi ibunya yang sedang sakit dan tak bisa mengunyah makanan keras.

Ketika itu Liu An berpikir bagaimana cara agar ibunya bisa makan sesuatu yang cair. Lalu ia akhirnya mendapatkan ide untuk merendam kacang kedelai kemudian di giling sehingga menjadi cairan berwarna putih. Setelah itu minuman tersebut diberikan pada ibunya dan ternyata ibunya menjadi sembuh. Dan akhirnya minuman susu kedelai ini sangat populer hingga sekarang.

Kandungan Susu Kedelai

Sebelum kita mengenal apa saja manfaat dan khasiat dari susu kedelai, ada baiknya kita ketahui kandungan yang terdapat didalam susu kedelai. Didalam susu kedelai terkandung zat-zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti Lemak Nabati, Karbohidrat dan serat yang merupakan unsur-unsur penting bagi kesehatan tubuh. Kemudian Vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin E. Ada juga mineral, polisakarida, isoflavon, HDL, dan Kalsium.

Semua yang terkandung didalam susu kedelai tersebut memiliki khasiat bagi kesehatan Anda. Nah, berikut ini beberapa manfaat dan khasiat susu kedelai bagi kesehatan tubuh Anda yang dilansir oleh wikipedia.org.

Manfaat dan Khasiat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

  • Antioksidan

Didalam kedelai terkandung senyawa isoflavon yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Isoflavon bertanggung jawab terhadap perbaikan sel dan mencegah terjadinya kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi, sinar matahari dan proses tubuh yang normal.

  • Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Protein dan isoflavon yang terdapat didalam kedelai dapat membantu mengurangi kolesterol jahat atau disebut dengan LDL dan juga mampu menurunkan kemungkinan pembekuan darah. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa susu kedelai ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. penelitian menunjukkan hasil dengan mengonsumsi susu kedelai yang mengandung 25 gram protein selama sembilan minggu dapat menurunkan 5 % kolesterol Jahat (LDL) rata-rata.

  • Mampu Mencegah Kanker

Isoflavon juga bertindak sebagai anti kanker yang mampu melawan sel-sel kanker. Khasiat susu kedelai ini mampu melindungi tubuh dari kanker hormon seperti rahim ataupun prostat.

  • Membalikkan efek endometriosis

Manfaat kedelai lainnya adalah dapat membantu menunda aksi estrogen alami tubuh, yang mana bertanggung jawab untuk mengurangi atau mencegah rasa sakit ketika masa mentruasi saat terjadi pendarahan hebat dan juga gejala lainnya pada wanita.

  • Mampu Mencegah osteoporosis

Protein yang terkandung didalam susu kedelai dapat membantu penyerapan kalsium pada tulang. Dalam hal ini peranan protein ini tidak lepas dari campur tangan isoflavon yang bisa mencegah dan menghambat terjadinya kehilangan struktur tulang dan kerusakan tulang sehingga mampu mencegah terjadinya osteoporosis.

  • Mengatasi Gejala Menopouse

Kandungan isoflavon berperan penting dalam mengatasi gejala menopouse. Ketika mulai lansia maka akan mengalami menopause dan biasanya akan merasakan panas di badan. Nah, isoflavon membantu untuk meringankan rasa panas pada tubuh. Sehingga jika Anda sedang mengalami masalah menopause dianjurkan untuk mengonsumsi susu kedelai secara rutin.

  • Mampu Mengontrol Berat Badan

Serat yang terkandung didalam susu kedelai mampu berperan dalam mengontrol berat badan. Kandungan serat yang tinggi merupakan indeks glisemik rendah (GI) makanan yang mengatur gula darah dan fluktuasi insulin. Sehingga rasa lapar bisa terkontrol dan sangat membantu dalam proses penurunan berat badan.

  • Memberi efek baik bagi diabetes dan sakit ginjal

Protein dan serat yang larut dalam kedelai, dapat mengatur kadar glukosa darah dan filtrasi ginjal, sehingga mampu mengendalikan diabetes dan penyakit ginjal.

Khasiat dan manfaat dari susu kedelai ternyata cukup banyak sehingga tak ada salahnya jika kita rutin mengonsumsi susu kedelai. Jika anda ingin membuat sendiri susu kedelai dibawah ini saya sajikan resep membuat susu kedelai.

Cara Membuat Susu Kedelai atau Resep Susu Kedelai

Untuk membuat susu kedelai terlebih dulu siapkan 250 gram kacang kedelai, 1.5 liter air, 150 gram gula pasir, 3 lembar daun jeruk dan 3 lembar daun pandan. Setelah siap lakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Rendam kedelai dengan air hangat semalaman, Setelah mekar cuci bersih dan buanglah kulit arinya
  2. Haluskan kedelai yang dicampur dengan air bersih dengan blender lalu di saring
  3. Kemudian Rebuslah  dan campurkan gula, daun pandan dan daun jeruk. Aduk terus sampai mendidih, jangan sampai meluap.
  4. Setelah dingin saring dengan kain katun yang bersih.

Cukup mudah bukan membuat susu kedelai, anda bisa mencobanya sendiri selain membuat anda sehat juga aman karena Anda memilih sendiri bahan-bahannya.

 

loading...
adnow-verification-code:dc2c0dca0a48e6efb2d670b3dc63ed68 IBX583A7DF101CF1