Manfaat Petai Untuk Kesehatan

Petai atau Pete  merupakan salah satu makanan yang dijauhi oleh beberapa orang. Hal ini karena petai memiliki bau yang menyengat, tapi sebenarnya petai ini memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan.

petai

Pohon Petai yang juga disebut dengan mlanding dalam bahasa latin bernama Parkia Speciosa ini adalah pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan. Pohon petai ini dapat mencapai tinggi 20 m kurang bercabang dan daunnya majemuk, tersusun sejajar. Biji petai memiliki bau khas dan agak mirip dengan jengkol dan bisa dikonsumsi segar ataupun dicampur dengan sejumlah menu.

Selain di Indonesia petai ini juga sangat terkenal di Amerika, tapi mereka menyebutnya dengan kata-kata the most horrible food in the world atau makanan yang sangat mengerikan didunia. Mereka menyebut dengan kata tersebut karena baunya yang sangat menusuk.

Nah, berikut ini Manfaat petai atau pete bagi kesehatan :

1. Terhindar dari Anemia

Jika anda terkena anemia Anda bisa mengatasinya dengan petai. Karena petai mengandung zat besi yang tinggi sehingga dapat merangsang produksi sel darah merah yang dapat membantu mengatasi anemia.

2. Mengatasi tekanan darah tinggi

Petai banyak mengandung kalium sehingga sangat cocok digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Bahkan FDA Amerika mengizinkan adanya perkebunan petai karena petai memiliki kekuatan untuk menurunkan tekanan darah dan mengatasi stroke.

3. Menghindarkan dari Depresi

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh mind, diantara pasien yang mengalami depresi ternyata mereka bertambah menjadi lebih baik setelah mengonsumsi pete. Hal ini karena pete memiliki kandungan tryptophhan yang merupakan sejenis protein yang diganti tubuh menjadi serotonin

4. Mendorong Kekuatan Otak

Berdasarkan riset, 200 siswa di twickenham Inggris tertolong dalam ujian karena mereka mengonsumsi pete ketika sarapan, istirahat dan makan siang. Riset juga menunjukkan bahwa kandungan kalium tinggi dapat menolong studi membantu siswa makin waspada.

5. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Petai mengandung seat yang tinggi yang sangat baik untuk saluran pencernaan. Petai ini juga dikenal mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan didalam lambung.

6. Hindari Mual Di pagi hari

Mengonsumsi pete di antara jam makan bisa membantu menjaga kandungan gula dan menghindari muntah.

7. Mengatasi gatal karena gigitan nyamuk

Digigit nyamuk bisa menimbulkan gatal,nah untuk mengatasinya anda bisa menggosokan bagian dalam kulit petai. Dengan cara ini banyak yang bisa mengatasi rasa gatal karena gigitan nyamuk.

8. Menghindari kegemukan

Berdasarkan penelitian di institut of psychology Austria bahwa tekanan di waktu  kerja membuat banyak orang yang mengonsumsi makanan yang menenangkan seperti coklat dan keripik. Para peneliti mendapati bahwa umumnya orang gemuk karena tekanan kerja yang tinggi, hal ini berdasarkan sample 5000 pasien.

9. Mampu Menurunkan efek stroke

Berdasarkan riset didalam the new england of medicine dikatakan bahwa makan petai sebagai bagian dari makanan 1 hari dapat menurunkan risiko kematian karena stroke hingga 40%.ra

Manfaat dan khasiat petai ternyata sangat banyak dan ini belum keseluruhan baru sebagian saja.

loading...
adnow-verification-code:dc2c0dca0a48e6efb2d670b3dc63ed68 IBX583A7DF101CF1