Manfaat Musik Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Musik Bagi Kesehatan – Mendengarkan musik memang sangat mengasyikan dan malahan sebagian orang menjadikannya sebagai hobi. Perlu Anda ketahui mendengarkan musik itu merupakan aktivitas yang melibatkan semua bagian otak. Secara umum musik ini dapat bermanfaat untuk mempercepat proses pembelajaran bahasa, meningkatkan daya ingat, meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan perkembangan serta koordinasi fisik.

Musik

Walaupun musik berdampak baik bagi kesehatan tapi kenyataannya tidak semua jenis musik memiliki manfaat seperti itu. Berdasarkan informasi dari the-open-mind.com, bahwa musik bisa saja mengganggu jika terlalu keras karena hal ini bisa memecah konsentrasi seseorang ketika melakukan sesuatu. Sampai saat ini musik yang dipercaya memiliki efek positif adalah musik klasik. Nah, berikut ini alasan kenapa Anda perlu mendengarkan musik seperti dilansir dari vemale.com :

1. Mampu Meningkatkan Kemampuan Visual dan Verbal

Sebuah penelitian yang melibatkan anak yang berusia 4-6 tahun yang dilatih musik selama satu bulan. Latihan musik tersebut terdiri dari ritme, nada, melodi, suara dan juga konsep-konsep musik dasar. Nah, penelitian tersebut menghasilkan keputusan bahwa kemampuan dari anak-anak tersebut untuk memahami kata-kata dan menjelaskan maknanya dapat meningkat.

Kemudian penelitian lain yang dilakukan terhadap anak berusia 8-11 tahun hasilnya adalah mereka yang mengikuti ekstrakulikuler musik mampu meningkatkan IQ lisan mereka dan kemampuan visualnya dibandingkan yang tidak mengikuti kelas musik tersebut. Kemudian untuk orang dewasa, jika melakukan latihan musik akan dapat menjaga otak tetap sehat walaupun bertambah usia. Selain itu semua jenis aktivias yang menggunakan musik bisa menjadi latihan kognitif yang baik dan juga mempertajam otak.

2. Mengatasi Tekanan Darah

Mengatasi tekanan darah tinggi bisa juga dengan mendengarkan musik. Jika Anda mendengarkan musik yang lembut setiap pagi dan malam maka tekanan darah tinggi anda akan menjadi turun. Berdasarkan penelitian yang disebut didalam acara pertemuan American Society of Hypertension di New Orleans, bahwa dengan mendengarkan musik klasik selama 30 menit, musik Celtic setiap hari maka akan dapat mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat musik ternyata juga dapat meningkatkan fungsi imunitas tubuh. Hal ini berdasarkan penelitian yang menjelaskan bahwa musik tertentu dapat meningkatkan emosi positif yang dapat menstimulasi produksi hormon-hormon peningkat imunitas tubuh. Dengan begitu kita dapat mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit. Selain itu dengan mendengarkan musik secara rutin maka dapat mengurangi hormon kortisol yaitu hormon yang terkait dengan penyebab stres.

Ketika Anda mendengarkan musik yang lembut maka kecepatan gelombang otak Anda bisa hampir sama dengan kecepatan gelombang otak orang yang melakukan meditasi. hmmm… gak nyangka bukan? Bahkan sejumlah hasil penelitian menyebutkan dengan memberi stimuli ritmis dalam hal ini musik lembut agar bisa menghadirkan suasana seperti meditasi ini dapat memberikan dampak terapi untuk menghilangkan gejala migrain, PMS dan juga masalah gangguan perilaku.

4. Menghilangkan Rasa Sakit

Musik juga bisa mengurangi rasa sakit yaitu dengan melepaskan endorphin yang berfungsi untuk penghilang rasa sakit. Berdasarkan jurnal Medis, dengan mendengarkan musik setiap harinya maka akan mengurangi rasa sakit kronis hinggap mencapai 21 %. Bahkan penelitian lain menunjukkan dengan mendengarkan musik secara teratur akan menjadikan seseorang dapat mengendalikan rasa sakit mereka, depresi berkurang dan menjadikan seseorang tidak mempedulikan kondisi fisik yang terbatas seperti mengantuk.

5. Tidur Lebih Nyenyak

Mendengarkan musik ternyata juga menjadikan tidur lebih nyenyak. Dengan tidur yang lelap dapat menjadikan tubuh Anda lebih sehat dan jauh dari stress dan depresi serta kecemasan.

6. Membantu Penyembuhan Kanker

Sebuah penelitian menyebutkan musik dapat membantu penyembuhan kanker. Hal ini dikarenakan musik dapat mengurangi rasa cemas ketika pasien menerima terapi radiasi, selain itu juga menghilangkan rasa mual dan muntah karena kemoterapi dosisi tinggi.

adnow-verification-code:dc2c0dca0a48e6efb2d670b3dc63ed68 IBX583A7DF101CF1