Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan

Kemiri, Ladies pasti sudah tahu kan dengan bumbu dapur yang satu ini? di Indonesia bumbu ini sangat populer dan sering kali di gunakan. Kebanyakan orang mengetahui kemiri itu memiliki manfaat kesehatan bagi rambut. Padahal jika kita mau membaca di berbagai media online ataupun di buku-buku yang banyak beredar manfaat dari Kemiri untuk kesehatan itu sangat banyak. Jika Anda memang belum tahu, berikut ini tipshidusehat sajikan beberapa manfaat dari kemiri.

Kemiri

Sebelum kita membahas manfaatnya terlebih dahulu kita bahas fakta dari kemiri.  Nama latin dari kemiri  adalah Aleurites moluccana termasuk dalam suku Euphorbiaceae. Dan yang mengejutkan  ini masih satu kerabat dengan singkong, Pasti anda tidak menyangka bukan? Hal ini wajar karena memang kita jarang menemui pohon kemiri di Indonesia.

Di dalam kemiri terkandung berbagai macam nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh kita. Nutrisi-nutrisi tersebut adalah saponin, falvonoida, polifenol, serta zat mikro yaitu protein, lemak dan karbohidrat. Ada juga mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, dan kalsium. Tak ketinggalan ada juga vitamin seperti Vitamin A, Vitamin B1, folat serta fitosterol yang dapat menghambat pembentukan kolesterol. Protein yang berupa asam amino esensial maupun nonesensial yang berfungsi untuk pertumbuhan dan pembentukan protein dan antibodi.

Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan

Seperti yang saya sampaikan diatas, Kemiri tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur saja tapi juga dapat bermanfaat bagi kesehatan. Makanya disini kami tipshidupsehat merangkum beberapa manfaat dari kemiri yang kami peroleh dari berbagai sumber.

1. Mengatasi infeksi Jamur

Jika anda terkena infeksi jamur seperti panu, kadas ataupun kurap Anda bisa memanfaatkan kemiri untuk mengobatinya. Walaupun infeksi jamur tidak terlalu berbahaya kenyataannya penyakit ini membuat percaya diri kita menjadi turun sehingga kita menjadi minder. Nah, untuk mengatasi ini ambilah minyak kemiri dan dioleskan dibagian tubuh yang terkena jamur atau panu. Lakukan secara rutin agar anda bisa merasakan manfaatnya secara maksimal.

2. Mengatasi Insomnia atau susah tidur

Kemiri bisa membantu anda Untuk mengatasi insomnia atau susah tidur dan menjadikan anda tidur lebih lelap. Hal ini karena kemiri mengandung melatonin yagn menjadikan kita lebih rileks dan cepat tertidur.

3. Mengatasi Diare

Jika Anda mengalami diare cobalah untuk mengatasinya dengan kemiri. Caranya ambil 20 gram batang kemiri kemudian haluskan dan campur dengan air matang 600 cc lalu rebuslah hingga tersisa 300 cc. Sebelum diminum sebaiknya Anda menyaringnya terlebih dahulu. Minum ramuan ini ketika pagi dan sore.

4. Mengatasi Bisul

Bisul memang cukup menggangu dan membuat kita tidak nyaman. Nah, untuk mengatasi bisul cobalah membuat ramuan yang terdiri dari 15 lembar daun kangkung, 10 lembar daun pukul empat yang ditumbuhk halus yang dicampur dengan sedikit minyak kelapa dan juga minyak kemiri. Oleskan ramuan tersebut dibagian bisul minimal 2 kali sehari.

5. Untuk Penderita Jantung

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim dari New Mexico State University Las Cruces menunjukkan bahwa kemiri bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) didalam darah. Dengan kandungan lemak tak jenuh sekitar 53% membuatnya mampu menurunkan LDL bahkan bisa mencegah penggumpalan darah yang selama ini menjadi penyebab serangan jantung dan stroke.

6. Mengatasi Sariawan

Untuk mengatasi sariawan anda bsia mengambil getah dari kulit batang kemiri secukupnya. Kemudian tambahkan dengan sedikit santan kelapa dan tempelkan dibagian yang sakit karena sariwan.

7. Mengatasi Sakit Gigi

Tak hanya bijinya saja tapi getah kulit batang kemiri juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi. Caranya ambil beberapa tetes getah kulit batang kemiri kemudian oleskan dibagian gigi yang sakit.

8. Menyuburkan Rambut

Agar rambut bisa tumbuh indah Anda bisa menggunakan kemiri. Caranya siapkan enam butir biji kemiri, tumbuh halus buah kemiri tersebut. Tambahkan dengan air bersih secukupnya saja dan rebuslah biji kemiri tersebut sampai mengeluarkan minyak dan ambil minyak tersebut dan gosokkan kulit kepala. Agar hasilnya lebih maksimal lakukan hal ini tiga kali seminggu.

 

 

loading...
adnow-verification-code:dc2c0dca0a48e6efb2d670b3dc63ed68 IBX583A7DF101CF1