Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Daun kemangi biasa kita temui pada makanan lalapan, dan pastinya anda semua sudah tahu bukan? Nah, Tanaman ini memiliki aroma yang khas, kuat tapi lembut dengan sentuhan aroma limau. Aroma ini ditimbulkan dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya.

Manfaat-daun-kemangi1

Persebaran dan habitat dari kemangi ini terdapat di Asia dan Amerika. Di pulau jawa tanaman ini mudah kita temui di pinggir jalan, lapangan, pagar, dan juga di huma-huma. Pada umumnya kemangi merupakan tanaman yang dibudidayakan.

Dibalik aroma yang khas daun kemangi ini menyimpan manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan tubuh. Jika anda penasaran apa saja manfaat dari kemangi ini, silahkan di simak di bawah ini :

Demam dan Meriang

Jika badan anda terasa demam dan meriang, ada cara alami untuk meredakannya, yaitu dengan menggunakan daun kemangi. Ketika demam tinggi maka anda bisa menggunakan daun kemangi yang dicampur dengan bubuk kapulaga kemudian di rebus dengan setengah liter air, Anda bisa juga mencampur ramuan tersebut dengan gula atau susu. Dengan daun kemangi ini anda juga bisa mencegah demam berdarah dan malaria.

Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan memang tidak enak karena suara bisa seperti hilang. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan daun kemangi dengan cara merebusnya dan dijadikan obat kumur yang dipakai dua kali sehari. Dengan cara ini mudah-mudahan sakit tenggorokan anda bisa sembuh.

Batuk

Batuk salah satu sakit yang sering kali bertahan lama, jika Anda salah satu yang mengalaminya Anda bisa mencoba mengatasinya dengan daun kemangi. Daun ini sangat berperan dalam obat batuk Ayurvedic dan ekspektoran. Khasiat daun ini dapat membantu memobilisasi lendir di bronkitis dan asma. Jika flu menyerang anda juga bisa mengatasinya dengan mengunyah daun kemangi.

Batu Ginjal

Untuk mengatasi batu ginjal secara alami adalah dengan menggunakan daun kemangi. Caranya Anda bisa membuat jus daun kemangi yang dicampur dengan madu kemudian diminum secara teratur selama 6 bulan.

Stres

Daun kemangi didalamnya terkandung adaptogen yaitu agen anti-stress alami. Bahkan penelitian menunjukkan kalau daun kemangi itu mampu memberikan perlindungan yang signifikan terhadap stress. Untuk melakukan pencegahan terhadap stress karena pekerjaan yang dihadapi anda bisa mengonsumsi 12 daun kemangi dua kali sehari.

Ganggguan Kulit

Gangguan kulit bisa menyerang siapa saja termasuk Anda dan ini dapat mengurangi rasa percaya diri. Untuk mengatasi gangguan kulit seperti kadas, kurap dan penyakit kulit lainnya anda bisa mengambil dau kemangi yang kemudian di jus. Cara ini juga telah dicoba di beberapa naturopaths dalam pengobatan leucoderma.

Dapat Meringankan Sakit Kepala

Untuk mengatasi sakit kepala anda bisa merebus daun kemangi dan ditumbuk dengan daun cendana setelah itu ramuan tersebut dikompreskan di bagian dahi atau diarea kepala yang mengalami sakit.

MengatasiĀ Infeksi Mulut

Untuk mengatasi infeksi mulut bisa juga menggunakan daun kemangi. Anda bisa mengunyah beberapa lembar untuk menyembuhkan infeksi pada mulut.

Gangguan Pernapasan

Jika anda mengalami influensa, asma dan bronkitis cobalah mengatasinya dengan menggunakan daun kemangi yang dicampur dengan madu dan jahe. Resep lainnya adalah dengan dicampur dengan cengkeh dan sedikit garam.

Mampu Mengatasi Keputihan

Kandungan senyawa eugenol yang terdapat didalam kemangi bisa membantu membunuh jamur penyebab keputihan. Makanya jika Ladies mengalami keputihan sebaiknya anda mengonsumsi daun kemangi.

Menopouse

Untuk menunda menopouse anda bisa mengonsumsi daun kemangi, karena didalamnya terkandung zat triptofan dapat mencegah terjadinya menopause.

Mengatasi Stroke

Kandungan isoflavon pada kemangi dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke.

loading...
adnow-verification-code:dc2c0dca0a48e6efb2d670b3dc63ed68 IBX583A7DF101CF1