Manfaat dan Khasiat Adas Pulosari Bagi Kesehatan

Manfaat dan khasiat adas pulosari baik untuk kesehatan, kecantikan dan juga pengobatan tradisional perlu anda ketahui karena dengan mengetahuinya maka Anda akan bisa memanfaatkannya dengan benar. Perlu kita ketahui sebenarnya antara Adas dan Pulosari itu bukan sebuah kesatuan tapi merupakan tanaman yang berbeda.

Mengenal Adas Pulosari

Adas

Tanaman Adas

Agar Anda tidak salah dalam mengartikan disini akan dibedakan manfaat adas dan manfaat pulosari. Tanaman Adas dapat menghasilkan minyak adas yang terbuat dari serbuk buah adas yang telah matang dan telah di suling. Adas memiliki dua rasa yaitu pahit dan manis. Biasanya kita mengenal adas sebagai bahan pembuat minyak telon untuk bayi.

Adas berasal dari daerah Laut Tengah timur (Italia ke timur hingga Suriah). Tanaman ini berwarna hijau terang, tegak dan dapat mencapai tinggi hingga 2 meter. Daunnya tumbuh hingga 40 cm, berbentuk pita dengan segmen terakhir dalam berbentuk rambut dengan lebar 0.5 mm. Bunga dari Tanaman adas merupakan bunga majemuk dengan diameter 5 – 15 cm. Kemudian untuk buahnya merupakan biji kering dengan panjang 4-9 mm dengan lebar separuh dari panjangnya dan memiliki alur. Bijinya yang telah dikeringkan dikenal dengan biji adas.

Dalam pengobatan tradisional sering kali Adas ini di sandingkan dengan batang tanaman pulosari sehingga hal ini membuat orang banyak salah paham bahwa Adas pulosari itu merupakan satu kesatuan, padahal itu tidak benar.

Buah Adas mengandung minyak atsiri 1-6%, anetol 50-60%, fenkon kurang lebih 20%, pinen, limonen, dipenten, feladren, metilchavikol, anisaldehid dan asam anisat 10%, minyak lemak dan anetol yang memberi aroma khas.

Pulosari

pulosari

Tanaman ini adalah jenis tanaman yang dalam bahasa latin bernama alyxia stelatta. Biasanya tanaman ini tumbuh di hutan ataupun di ladang. Tapi karena manfaat pulosari sangat banyak bagi kesehatan sehingga sekarang sudah banyak yang membudidayakannya. Biasanya Pulosari yang digunakan adalah batangnya. Tanaman ini memiliki aroma wangi rempah seperti jamu tapi rasanya cukup pahit. Kandungan senyawa pulosari adalah kumarin, minyak atsiri, dan asam organic.

Kegunaan Pulosari biasanya dalam pengobatan tradisional di ramu bersama Adas sehingga dalam resep tradisional sering kali di sebut dengan adas pulosari. Padahal Adas diambil buah ataupun daunnya sedangkan pulosari batangnya.

Nah, sekarang sudah tahukan keduanya merupakan tanaman yang berbeda tapi sering kali di anggap satu karena sering kali pengobatan tradisional menggunakan kedua tanaman tersebut. Lalu apa saja sih manfaat Adas dan Pulosari ini.

Manfaat dan khasiat Adas Pulosari

Manfaat adas adalah sebagai berikut :

  • Adas untuk mengatasi nyeri haid dan haid yang tidak teratur
  • Adas untuk mengatasi sakit kuning dan kurang nafsu makan
  • Adas untuk USus turun kelipat paha
  • Adas untuk MEngatasi gangguan susah tidur
  • Adas untuk mengobati buah pelir turun
  • Adas untuk meningkatkan produksi ASI
  • Adas untuk pembengkakan saluran sperma
  • Adas untuk mengatasi rematik dan encok
  • Adas untuk mengatasi keracunan obat atau jamur
  • Adas untuk mengatasi penimbunan pada kantung buah zakar
  • Adas untuk mengurangi sakit akibat kencing batu dan dapat menghancurkanya

Ramuan buah adas yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan adalah 5 gr adas diseduh dengan air 1/2 – 1 cangkir air mendidih, kemudian saring dan tambahkan 1 sdt madu lalu diminum. Untuk hasil yang maksimal lakukan 2 kali sehari. Perlu Anda ketahui ketika mengkonsumsi buah Adas akan menyebabkan Anda sering kentut dan bersendawa jadi Anda jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

Manfaat Pulosari Bagi Kesehatan

  • Pulosari untuk mengatasi sariawan, batuk, dan perut mulas
  • Pulosari untuk merangsang nafsu makan terutama bagi balita dan juga bisa menghilangkan demam pada anak-anak.
  • Mengurangi penyakit keputihan dan mampu melancarkan haid.

Kombinasi antara adas dan pulosari bisa menghasilkan ramuan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda. Anda bisa membaca tanaman herbal lainnya yang juga sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda yaitu temu hitam (ireng).

 

 

loading...
adnow-verification-code:dc2c0dca0a48e6efb2d670b3dc63ed68 IBX583A7DF101CF1