Manfaat Bunga Melati Putih Bagi Kesehatan

Melati putih adalah tanaman bunga hias yang dijadikan sebagai puspa bangsa atau simbol nasional karena bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di Indonesia.  Dalam bahasa latin melati disebut dengan Jasminum Sambac, Ait, bunga ini sangat mudah ditemui di sekitar kita. Baunya yang harum membuatnya sering dijadikan untuk berbagai kegiatan seperti hajatan dan ritual-ritual tertentu.

bunga melati

Bunga melati ini sebenarnya selain untuk kegiatan hajatan ataupun ritual juga memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan dan pengobatan. Di zaman nenek moyang kita bunga melati putih ini sudah sering digunakan untuk melakukan pengobatan tradisional. Khasiat bunga melati ini sering digunakan untuk menghentikan keluarnya ASI yang berlebihan, obat sakit mata, sakit kepala, demam dan sesak nafas.

Manfaat bunga melati yang sangat banyak ini karena kandungan senyawa yang ada didalamnya. Kandungan dari bunga melati putih adalah indol, benzyl, dan livalylacetaat. Biasanya yang digunakan sebagai bahan pengobatan adalah daun, akar dan bunga.

Berikut ini manfaat bunga melati untuk kesehatan :

1. Mengatasi Demam dan Sakit Kepala

Bunga melati merupakan salah satu bahan untuk mengatasi demam dan sakit kepala secara alami. Jika anda merasa demam ataupun sakit kepala maka ambillah segenggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati, lalu diremas-remas dengan tangan. Setelah bunga tersebut layu dan agak hancur maka rendamlah ke dalam air. Kemudian gunakan air rendaman tersebut sebagai kompress di dahi.

2. Mengatasi Sakit Mata

Jika Anda mengalami sakit mata baik itu karena iritasi atau terkena belekan, maka anda bisa menggunakan bunga melati sebagai obat alami. Caranya sangat mudah, ambillah segenggam daun melati lalu dipipis sampai halus. Kemudian tempelkan bunga tersebut di atas mata, kalau sudah kering ganti dengan yang baru lagi.

3. Mengatasi Sesak Napas

Untuk mengatasi sesak napas anda bisa menggunakan bunga melati untuk mengatasinya. Caranya rebuslah 20 lembar daun melati dan garam secukupnya ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja.

4. Disegat Serangga

Jika anda disengat serangga seperti lebah anda bisa memanfaatkan bunga melati ini untuk menyembuhkannya. Caranya ambil satu genggam bunga melati lalu diremas-remas sampai halus. Setelah itu tempelkan bunga tersebut ke bagian tubuh yang digigit serangga atau lebah tersebut. Dengan cara ini mudah-mudahan gigitan seranggga bisa cepat sembuh.

5. Menghentikan keluarnya ASI yang berlebihan

Ketika ibu sedang menyusui terkadang ASI yang keluar terlalu banyak. Anda bisa mengatasi ini dengan bunga melati. Caranya yaitu dengan mengambil segenggam daun melati yang dipipis halus lalu tempelkan di sekitar buah dada. Lakukan cara alami ini setiap pagi sebelum anda mandi.

 6. Mengatasi radang peparu dan bronkitis

Jika Anda mengalami sakit radang peparu dan bronkitis cobalah untuk mengatasinya dengan akar atau bunga melati. Karena rebusan dari akar melati atau rendaman dari bunganya dipercaya dapat mengatasi radang peparu dan bronkitis.

7. Menyembuhkan keseleo atau patah tulang

Keseleo atau patah tulang memang tidak kita harapkan, namun jika kita mengalami hal ini, Anda bisa menggunakan menggunakan akar dari bunga melati ini. Caranya akar bunga melati tersebut di tumbuh dan dijadikan tapal untuk menyembuhkan keseleo atau patah tulang.

 

loading...
adnow-verification-code:dc2c0dca0a48e6efb2d670b3dc63ed68 IBX583A7DF101CF1