Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Beras Merah – Pastinya Anda sudah tahu beras merah, walaupun tidak dikonsumsi setiap hari, beras merah sering kita jumpai di pasar atau di Supermarket. Sering kali orang menyebut beras merah ini sebagai beras hitam ataupun cokelat. Hal ini karena warna dari beras ini adalah cokelat kehitaman. Perlu Ladies ketahui, beras merah ini disebut-sebut memiliki keunggulan dibandingkan beras putih yang sering kita konsumsi setiap hari. Kenapa demikian? ok cari jawabannya di bawah ini.

beras merah

Salah satu alasan kenapa beras merah lebih baik daripada beras putih adalah beras merah itu tidak mengalami penggilingan secara sempurna seperti halnya beras putih. Sehingga kandungan serat yang terdapat di dalam beras merah lebih banyak serta tidak meninggalkan kadar gula.

Kandungan Nutrisi Beras Merah

Kandungan gizi yang terdapat didalam beras merah cukup banyak, dalam 1 cangkir beras merah tumbuh terkandung sebanyak 216.45 kalori, 88% kecukupan harian (daily value-DV) mineral mangan, 27% DV selenium, 21% DV magnesium, 18.8% DV asam amino triptofan, 3.5 gram serat (beras putih hanya 1 gram saja), protein 2-5% lebih tinggi dibanding beras putih. Ada juga asam lemak alfa-linolenat, zat besi, vitamin B kompleks, dan vitamin A.

Manfaat Beras merah Untuk Kesehatan

1. Kaya akan serat

Kandungan serat yang terdapat didalam beras merah lebih tinggi dibandingkan beras putih. Beras merah juga mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk kesehatan. Kalau beras putih hanya mengandung karbohidrat sederhana.

2. Dapat Mengontrol Kadar Gula Darah

Indeks glikemik pada beras merah cukup rendah sehingga beras ini memiliki andil dalam pengaturan kadar gula darah dan juga produksi insulin. Indeks glikemik sendiri adalah angka yang menunjukkan potensi meningkatkanya gula darah yang berasal dari karbohidrat.

3. Lebih cepat kenyang

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di British Journal of Nutrition ditemukan kesimpulan jika mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti yang terdapat pada beras merah, oatmeal dan juga kentang dapat membuat anda lebih cepat kenyang sampai berjam-jam.

4. Dapat menangkal radikal bebas

Beras merah bisa menangkal radikal bebas yang menyerang sel-sel dan jaringan dalam tubuh. Hal ini tak luput dari kandungan antioksidan yang terdapat didalam beras merah. Mangan adalah penghasil energi bagi tubuh yang juga merupakan komponen penting dari enzim yang juga merupakan antioksidan yang umumnya terbentuk ketika energi diproduksi.  Selain itu beras merah juga kaya akan zinc. Mineral ini merupakan antioksidan yang dapat membantu dalam penyembuhan luka dan menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap berfungsi dengan baik.

5. Banyak Mengandung Vitamin B6

Dengan mengonsumsi nasi merah maka dapat memenuhi 23 persen dari vitamin B6, yang mana ini  merupakan jumlah yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi organ, Vitamin B6 sendiri dapat membantu menjaga keseimbangan pembentukan hormon serotonin, sel darah merah dan dapat membantu produksi sel-sel DNA.

6. Dapat menurunkan kadar kolesterol jahat

Jika ingin menurunkan kolesterol jahat didalam tubuh anda bisa memanfaatkan beras merah. Dengan mengonsumsi nasi merah maka akan dapat membantu meningkatkan kandungan kolesterol baik. Nasih merah ini merupakan makanan pokok dan sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh.

Melihat manfaat dan khasiat dari beras merah diatas tentu saja menjadikan kita lebih memprioritaskan mengonsumsi beras merah dibandingkan beras putih. Semoga apa yang dibagi tipshidupsehat tentang manfaat beras merah ini bermanfaat bagi Anda.

 

loading...
adnow-verification-code:dc2c0dca0a48e6efb2d670b3dc63ed68 IBX583A7DF101CF1