Konsumsi Ini, Nyeri Haid Pergi!

Hal yang paling tidak diharapkan para wanita saat datang bulan adalah nyeri haid. Nyeri haid atau dismenore. Dismenore adalah kram dan nyeri pinggul yang saat haid. Hal ini disebabkan oleh aliran darah yang deras, endometriosis atau fibroid rahim. Bagaimana cara mengatasi dismenore? Nyeri haid dapat diredakan dengan cara, mengkonsumsi berbagai makanan  atau minuman yang mengandung banyak nutrisi. Sakit perut saat haid apakah berbahaya?

Berikut adalah  beberapa makanan yang dapat meredakan nyeri haid atau dismenore apabila di konsumsi secara rutin.

Daftar Makanan dan Minuman Yang Dapat Meredakan Nyeri Haid

1. Jahe

Meminum teh jahe  dapat membantu mengurangi rasa sakit  pada perut bagian bawah saat menstruasi. Dalam sebuah studi penelitian, selama 3 hari pertama masa menstruasi sekitar 150 wanita diperintahkan untuk mengkonsumsi 1 gram bubuk jahe per hari, Jahe berhasil mengurangi rasa sakit, sama efektifnya dengan obat-obatan.

Minuman teh jahe yang hangat diyakini dapat lebih cepat meredakan nyeri haid.

2. Sayur hijau

Sayur-mayur yang mengandung magnesium seperti, kangkung, bayam dan brokoli juga dapat membantu meredakan kram di perut bawah saat datang bulan. Sayur-sayur tersebut juga mengandung  kalsium dan nutrisi kalium. Selain itu, dalam kangkung, bayam, dan brokoli juga mengandung  vitamin A, C, B6, dan E. Semua kandungan tersebut telah terbukti membantu mengurangi gejala nyeri haid.

3. Kalsium

Makanan yang mengandung kalsium juga diyakini dapat mengurangi kram otot saat menstruasi. Untuk wanita, setiap hari disarankan untuk mengkonsumsi kurang lebih 1000 mg kalsium. Makanan yang kaya akan kalsium antara lain, makanan yang mengandung susu, almond, dan biji wijen.

4. Ikan Salmon

Penelitian berulang kali menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsipaling banyak omega 3 mengalami nyeri haid yang ringan. Sedangkan ikan salmon termasuk golongan makanan yang banyak mengandung omega 3 . Anda disarankan untuk mengkonsumsi ikan salmon setidaknya dua kali dalam seminggu, agar kram otot saat menstruasi berkurang.

5. Kayu Manis

Kayu manis memang terkenal sebagai penyedap rasa. Akan tetapi, ternyata kayu manis juga dapat mengurangi rasa sakit pada perut saat menstruasi. Pada kayu manis terdapat kandungan serat, kalsium, dan zat besi, serta banyak mengandung mangan dan mineral yang dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada saat menstruasi.

adnow-verification-code:dc2c0dca0a48e6efb2d670b3dc63ed68 IBX583A7DF101CF1