Kandungan dan Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Daun kelor atau merunggai (Moriga oleifera) merupakan tumbuhan yang sejenis dengan suku Moringaceae dengan ketinggian mencapai 7-11 meter. Daun kelor ini berbentuk bulat telur berukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai. Sering kali tumbuhan ini ditanam sebagai tapal batas atau pagar di halaman rumah atau ladang. Tak mengherankan jika kelor ini sangat familiar bagi masyarakat Indonesia.

Daun kelor

Walaupun sudah sangat familiar, ternyata banyak dari kita yang tidak memanfaatkan khasiat dari daun kelor ini. Hal ini karena kekurang tahuan masyarakat perihal khasiat yang dikandung oleh Daun kelor ini. Penelitian terhadap tanaman ini sudah diadakan sejak awal tahun 1980.  Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Anna Technology University, Tamilnadu, India, C Senthil Kumar terbukti bahwa daun kelor sangat berkhasiat untuk hepatoprotektor atau pelindung hati. Kemudian berdasarkan penelitian yang dilakukan dokter sekaligus herbalis di Yogyakarta yaitu dr Sidi Aritjahja menunjukkan bahwa daun kelor itu mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan baik jika digunakan untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan masalah pencernaan. Menurutnya Bagian apapun dari kelor tersebut aman dipakai tapi dengan memperhatikan caranya. Minumlah rebusan dari daun kelor ketika masih hangat. Karena jika masih hangat efek antioksidan dari daun kelor lebih kuat.

Kemudian ada lagi penelitian yang dilakukan oleh Dr. Paulus Wahyudi Halim di Tangerang Selatan, Banten. Bahwa kelor memiliki energi dingin sehingga sangat cocok jika digunakan untuk mengobati penyakit dengan energi panas seperti radang atau kanker. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia WHO menganjurkan agar bayi dan anak-anak di masa pertumbuhan untuk mengonsumsi daun kelor. Berdasarkan sumber dari National Institute of Health (NIH) 21 Maret 2008 mengatakan kalau daun kelor itu telah digunakan untuk obat oleh berbagai etnis asli untuk mencegah dan mengobati 300 penyakit. Lalu apa sih kandungan dari daun kelor ini sehingga WHO menganjurkannya?

Kandungan Daun Kelor

  1. Vitamin C

Vitamin C banyak terdapat dalam buah-buahan yang memiliki rasa asam seperti jeruk dan lemon. Manfaat vitamin C ini untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit infeksi seperti flu dan pilek. Dan kenyataannya Daun kelor mengandung lebih hanyak vitamin C hingga 7x dari jeruk.

  1. Kalsium

Kandungan kalsiuim yang terdapat didalam daun kelor melebih apa yang dikandung oleh susu bahkan hingga 4x lipatnya. Kalsium sendiri sangat berguna untuk menjaga tulang dan gigi agar kuat dan mencegah terjadinya osteoporosis.

  1. Vitamin A

Vitamin A banyak kita jumpai pada Wortel, dan manfaat dari vitamin ini untuk melindungi dan melawan penyakit mata, kulit, jantung, diare dan penyakit lainnya. Daun kelor memiliki kandungan vitamin A lebih banyak 4x disbanding Wortel sehingga khasiat dari daun kelor ini jadi lebih banyak.

  1. Protein

Kandungan protein yang terdapat didalam daun kelor sangat banyak bahkan 2x dari susu. Protein sendiri dapat membantu pertumbuhan pada anak. Kekurangan protein dapat mengakibatkan rambut pecah-pecah dan gangguan pertumbuhan pada anak.

  1. Potasium

Potasium berperan penting untuk otak dan saraf. Salah satu makanan yang mengandung potassium yang sangat baik adalah pisang. Dan untuk daun kelor ternyata mengandung potassium 3x lebih banyak dari pisang.

 Manfaat Daun Kelor

Seperti dikutip dari wikipedia.org berikut ini beberapa manfaat dari daun kelor :

  • Meningkatkan ketahanan alamiah tubuh
  • Dapat menyegarkan mata dan juga otak
  • Lebih meningkatkan metabolisme tubuh
  • Mampu Meningkatkan struktur sel tubuh
  • Mampu meningkatkan seum kolesterol alamiah
  • Mampu menguangi kerutan dan garis-garis di kulit
  • Mampu meningkakan fungsi normal hati dan ginjal
  • Dapat memperindah kulit
  • Mampu meningkatkan energi
  • Memperlancar pencernaan
  • Dapat menjadi antioksidan sehingga terhindar dari kanker
  • Memelihara system imunitas tubuh
  • Mampu meningkatkan system sirkulasi yang menyehatkan
  • Memiliki sifat anti-peradangan
  • Dapat memberi perasaan sehat secara menyeluruh
  • Mendukung kadar gula normal tubuh

Berdasarkan hasil analisa kandungan nutrisi dengan mengonsumsi daun kelor maka keseimbangan nutrisi didalam tubuh dapat terpenuhi sehingga bisa meningkatkan energi dan ketahanan tubuhAnda. Daun kelor juga memiliki kemampuhan untuk mengatasi berbagai keluhan yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin and mineral seperti kekurangan vitamin A yaitu gangguan penglihatan, kekurangan choline (terjadi penumpukan lemak di liver), kekurangan vitamin B1(beri-beri), kekurangan vitamin B2(kulit kering dan pecah-pecah), kekurangan vitamin B3(dermatitis), kekurangan vitamin C (pendarahan pada gusi), kekurangan kalsium (terjadi osteoporosis), kurang zat besi (anemia), kekuarangan protein yang mengakibatkan rambu pecah-pecah dan gangguan pertumbuhan anak.

loading...
adnow-verification-code:dc2c0dca0a48e6efb2d670b3dc63ed68 IBX583A7DF101CF1