Cara Alami Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah biasa terjadi ketika tekanan sistolik kurang dari 90mm Hg atau nilai tekanan diastolic kurang dari 60 mmHg. Penyakit ini memiliki risiko yang lebih kecil dibandingkan dengan darah tinggi. Tapi kalau dibiarkan saja darah rendah akan menggangu aktivitas kita sehari-hari.

tekanan darah rendah

Untuk mengetahui anda mengalami tekanan darah rendah atau tidak, Anda harus tahu apa saja ciri-cirinya. Tekanan darah rendah bisa diketahui melalui ciri-ciri :

  • Sering mengeluh sakit kepala
  • Sering mengalami kebingungan
  • Penglihatan kadang-kadang terasa kabur atau berkunang-kunang.Yang lebih parah lagi Anda akan merasakan keadaan seperti pingsan atau bisa jadi benar-benar pingsan dan ini akan hilang kembali setelah anda duduk beberapa menit.
  • Terasa cepat lelah atau tidak bertenaga ketika melakukan aktivitas
  • Anda akan sering menguap
  • Keluar keringat dingin dan biasanya timbul di telapak kaki dan tangan.
  • Anda akan tampak pucar dan memiliki denyut nadi yang lemah.

Mengatasi darah rendah bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan dari dokter atau bisa juga dengan cara alami. Tipshidupsehat sendiri menyarankan agar Anda menggunakan cara alami karena tidak memiliki efek samping jika dibandingkan Anda mengonsumsi obat dari dokter. Lalu apa saja cara alami untuk mengatasi tekanan darah rendah? Nah, berikut ini 5 cara alami terbaik untuk mengatasi tekanan darah rendah yang dilansir dari polahidupsehat.web.id.

1. Konsumsilah kacang-kacangan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Harvard heart letter merekomendasikan agar Anda mengonsumsi kacang-kacangan untuk mengatasi tekanan darah rendah. Kacang-kacangan ini bisa dicerna secara perlahan oleh sistem perncernaan sehingga hal ini bisa menjadikan tekanan darah menjadi naik. Beberapa kacang-kacangan yang bisa anda konsumsi adalah kacang merah, buncis, kacang hijau dan lain-lain.

2.  Mengatasi tekanan darah rendah dengan Daging dan Hati Ayam

Jika anda ingin mengatasi tekanan darah rendah, cobalah untuk mengonsumsi daging dan hati ayam. Karena daging ayam itu memiliki kandungan protein yang diyakini dapat meningkatkan tekanan darah. Sedangkan tubuh sendiri memerlukan protein agar bisa membangun sel termasuk sel dalam pembuluh darah.

Prof.Dr.dr Budhi Setianto, Sp Jp, FIHA seorang spesialis jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Jantung & Pembuluh Darah Harapan kita, seperti dikutip dari Detikhealth mengonsumsi daging dan hati memang dianjurkan tetapi yang penting adalah asin. Alasannya tekanan darah rendah bisa terjadinya salah satunya karena kandungan garam dalam darah yang sedikit. Karena itu dokter Budhi mengatakan agar Anda makan-makanan yang asing atau memiliki kandungan garam yang tinggi untuk mengganti elektrolit yang telah hilang.

3. Mengonsumsi Roti dan Sereal untuk meningkatkan tekanan darah

Cara mengobati darah rendah lainnya adalah dengan mengonsumsi Roti dan Sereal. Karena makanan ini mampu memberikan Anda 20 persen zat besi jika Anda konsumsi setiap hari. Dengan kemampuan yang dimiliki Roti dan Sereal maka Anda dianjurkan untuk mengonsumsinya setiap hari agar Anda bisa mengatasi tekanan darah rendah.

4. Minum Kopi untuk Mengatasi Darah Rendah

Berdasarkan pernyataan dari Dr. Santoso Karo Karo, SpJP, MPH (K) yang merupakan mantan ketua Yayasan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) bahwa tekanan darah rendah itu bisa dinaikkan dengan minum 1-2 gelas kopi setiap hari, tapi yang perlu Anda perhatikan adalah jangan berlebihan dalam mengonsumsinya karena memiliki efek negatif bagi tubuh.

5. Minum air putih

Agar anda bisa mengatasi tekanan darah rendah, cobalah untuk minum air putih kurang lebih 8-10 gelas setiap hari. Karena jika cairan didalam tubuh berkurang maka dapat menyebabkan tekanan darah rendah.

5 Cara alami untuk mengatasi tekanan darah rendah diatas bisa Anda lakukan dengan cara yang sangat mudah. Ok selamat mencoba mengatasi tekanan darah rendah yang Anda alami.

adnow-verification-code:dc2c0dca0a48e6efb2d670b3dc63ed68 IBX583A7DF101CF1