Amankah Mengoleskan Lotion Antinyamuk ke Kulit Bayi dan Anak?

Bayi dan anak-anak sering terganggu tidurnya karena gigitan nyamuk. Tentu saja bagi orang tua tak ingin anaknya terus menangis karena digigit nyamuk di malam hari. Secara tidak langsung ini juga akan mengganggu pola tidur orang tua. Untuk mengatasi hal tersebut banyak orang tua yang mengoleskan lotion obat antinyamuk dan menyalakan obat antinyamuk bakar. Sebenarnya boleh gak sih, amankah obat anti nyamuk ini bagi kesehatan bayi dan anak?

lotion antinyamuk

Berdasarkan informasi yang dilansir dari health.detik.com, menurut dokter spesialis anak, dr Melisa Anggraeni, SPA, bagi bayi tidak boleh sembarangan di beri antinyamuk oles, karena hal ini bisa berisiko menimbulkan alergi terhadap kulitnya yang masih sensitif.

Selain itu, alasan lainnya adalah antinyamuk oles berbahaya jika sampai masuk ke mulut bayi. Karena biasanya bayi itu suka memasukkan tangannya ke dalam mulut. Obat anti nyamuk jenis oles ini juga dapat menimbulkan alergi pada bayi.

Sedangkan untuk anak diatas tiga tahun, diperbolehkan untuk memakai obat anti nyamuk oles asalkan si anak tidak alergi terhadap kandungan atau bahan-bahannya seperti pewangi, sarinya, ekstrak daun-daunannya dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana dengan obat anti nyamuk bakar dan semprot?  untuk obat nyamuk jenis ini juga tidak disarankan karena sistem pernapasan bayi masih sensitif sehingga dikhawatirkan bisa terjadi iritasi dan infeksi saluran pernapasan atas. Tapi bagi anak diatas tiga tahun obat anti nyamuk semprot diperbolehkan dengan aturan tertentu.

Menurut dokter spesialis anak yang praktik di RS Siloam ini aturannya adalah ruangan yang disemprot obat antinyamuk di dikosongkan terlebih dulu. Waktu pengosongan ruangan ini tergantung dari luas ruangan tersebut dan banyaknya penyemprotan. ini bisa dikira-kira sendiri oleh orang tua, biasanya jika baunya sudah tidak tercium atau sudah hilang maka sudah boleh masuk ke dalam ruangan.

dr Melisa menganjutkan agar bayi ketika tidur sebaiknya memakai kelambu atau bisa juga dengan obat antinyamuk elektrik.

loading...
adnow-verification-code:dc2c0dca0a48e6efb2d670b3dc63ed68 IBX583A7DF101CF1