6 Makanan Enak Yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan memerlukan usaha dan proses. Sebenarnya untuk menurunkan berat badan cukup mudah yaitu dengan mengonsumsi makanan dengan kalori yang lebih rendah dibanding yang dibakar tubuh. Hal ini seperti dilansir oleh Newsmaxhealth.

alpukat

Manfaat Alpukat

Seorang ahli gizi untuk tim basket Orlando Magic, Tara Gidus menjelaskan bahwa ada beberapa makanan yang bisa membantu pembakaran lemak, yang dinamakan termogenik. Lalu makanan apa saja yang bersifat termogenik tersebut? Menurut Ellen Kamhi, penulis buku Weight Loss : The Alternative Medicine Guide menjelaskan bahwa makanan pembakar itu memiliki 3 karakteristik yaitu mengandung protein, lemak baik juga tinggi serat. Makanan-makanan tersebut mampu membakar lemak karena membutuhkan energi yang besar untuk memprosesnya ketika dicerna.

Berikut ini 6 makanan yang paling membakar lemak sehingga bisa menurunkan berat badan:

1. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Daging sendiri kaya akan protein sehingga membutuhkan banyak energi untuk memprosesnya. Jika tubuh perlu memecah protein didalam daging tanpa lemak berarti diperlukan kalori yang lebih banyak untuk membakarnya.

2. Teh Hijau

Berdasarkan laporan The American Journal of Clinical Nutrition, jika Anda minum empat cangkir teh hijau tiap hari maka berat badan Anda akan  turun 6 kilogam hanya dalam waktu 8 minggu saja. Hal ini dikarenakan kandungan EGCG, sebagai antioksidan pembakar lemak.

3. Alpukat

Alpukat mengandung kalori yang tinggi sehingga banyak yang tidak mau mengonsumsinya. Padahal alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan tinggi akan serat yang bisa membakar lemak lebih banyak.

4. Almond Mentah

Satu genggam kacang almond mengandung protein, lemak baik dan juga serat. Kacang ini mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan dapat membantu membakar lemak tiga kali lebih cepat.

5. Cabai Merah

Cabai merah atau cabai rawit bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak. Hal ini karena adanya kandungan capsaicin yang merupakan senyawa kimia yang mampu

6. Kopi

Kopi mengandung kafein yang membuat metabolisme berkerja lebih cepat. Kafein mampu melakukan proses pemecahan lemak atau liposis. Jika ingin menurunkan berat badan diperlukan satu atau dua cangkir kopi setiap harinya.

adnow-verification-code:dc2c0dca0a48e6efb2d670b3dc63ed68 IBX583A7DF101CF1