10 Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Madu sudah lama dikenal sebagai bahan alami yang bermanfaat bagi kesehatan. Di dalam madu terkandung berbagai senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti dikutip dari wikipedia.0rg berikut ini kandungan yang ada didalam madu,  fruktosa 38.2%, Glukosa 31.3%, Maltosa 7.1%, Sukrosa 1.3%, AIr 17.2%, Gula paling tinggi 1.5%, Abu (analisis kimia) 0.2%, Lain-lain 3.2%.

manfaat madu

Dalam dunia kedokteran di sepanjang sejarah madu telah digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tapi baru beberapa periode ini madu sebagai antiseptik dan antibakteri bisa dijelaskan secara kimia.  Madu juga memiliki efek osmotik yang pada dasarnya adalah campuran antara monosakarida dan aktifitas air yang rendah. Kebanyakan molekul air itu berhubungan dengan gula dan mikroorganisme. Sehingga menjadikan madu tidak bagus untuk mikrooganisme berkembang biak.

Berikut ini 10 Manfaat Madu bagi kesehatan tubuh :

  1. Madu kaya dengan senyawa humektan. Senyawa ini diketahui dapat membantu mempertahankan kadar air yang ada didalam kulit. Hal ini tentu saja akan menjadikan elastisitas dan kelembaban kulit terjaga.
  2. Zat antibakteri dan antimikroba yang ada didalam madu dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Sehingga menjadikannya sangat cocok jika digunakan untuk mengobati luka seperti luka bakar dan juga lecet.
  3. Madu juga bisa digunakan untuk membersihkan luka, mengurangi rasa sakit dan mampu mempercepat proses penyembuhan.
  4. Kandungan antioksidan yang ada didalam madu dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan ultraviolet.
  5. Madu mengandung pemanis alami seperti glukosa dan fruktosa
  6. Didalam madu terkandung berbagai mineral yang bermanfaat bagi kesehatan seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium, belerang, besi dan fosfat.
  7. Dengan madu maka morning sickness yang sering dialami oleh ibu hamil bisa dikurangi.
  8. Madu dapat digunakan untuk memodulasi sistem kekebalan tubuh dan juga mencegah terulangnya infeksi.
  9. Madu membantu menurunkan kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik atau HDL.
  10. Mengonsumsi madu juga membantu menguatkan tulang karena madu dapat meningkatkan penyerapan kalsium. Madu juga dapat meningkatkan jumlah hemoglobin untuk melawan anemia

Manfaat madu yang begitu besar bagi kesehatan tentu tidak boleh di sia-siakan. Anda bisa mengonsumsi madu secara langsung atau bisa juga dicampurkan dengan makanan lain.

 

adnow-verification-code:dc2c0dca0a48e6efb2d670b3dc63ed68 IBX583A7DF101CF1